Senin, 07 Januari 2013

Menelepon gratis melalui android



Teleponan gratis via android? kenapa tidak? teknologi yang sudah berkembang saat ini makin mudah untuk kita membuat sentral telepon sendiri dengan regulasi ala sendiri. Mudah saja yang kita butuhkan adalah dua hal, yaitu server sebagai sentralnya dan dari sisi pengguna cukup menggunakan androidnya . Dan sebagai media untuk melakukan komunikasi cukup hanya akses hotspot lokal yang ada di institusi atau kampus atau sekolah.
Saya akan menjelaskan bagaimana dari mulai instalasi dan konfigurasi dua hal tersebut :
Membuat sentral telepon
1. Instalasi asterisk
Asterisk dikembangkan di unix/linux, sehingga memang disarankan diinstall pada sistem operasi tersebut. tapi kali ini saya akan menjelaskan cara instalasi pada komputer windows dengan menggunakan asteriskwin32 bisa anda dapatkan di link ini. download saja dan install seperti biasa. Ingat catat IP komputernya untuk digunakan di konfigurasi android.
2. Konfigurasi asterisk
Buka icon “PBX Manager & Console” yang ada di desktop kemunidian klik tools>PBX Start, maka konsol akan keluar service asterisk sudah berjalan. nah sudah selesai secar defaultnya akun yang disediakan tanpa password yaitu 3000,3001, dan 3002
Setting Android
1. Instalasi sipdroid
Buka saja di sini dan download aplikasinya, atau bisa scan qr code berkut ini dari android anda untuk langsung mendownload aplikasi sipdroid melalui android anda sehingga bisa langsung diinstal.
2. Konfigurasi sipdroid
sekarang tinggal masuk ke sipdroid dan lakukan setting account 1, isi username dengan 3000 dan server dengan IP address dari komputer yang telah kita jadikan sentral telepon sebelumnya, lakukan hal yang sama dengan android rekan anda dengan memasukkan username 3001 atau 3002.
Selesai sampai disini, pastikan setiap android terkoneksi pada jaringan wifi satu kampus, institusi atau sekolah. nah sekarang tinggal panggil dari username yang masing-masing dimasukkan tadi dari salah satu android yang sudah di konfigurasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar